Naik Turun Nafsu Makan Saat Setres

Thursday, June 28th, 2018 - Artikel Kesehatan

Naik Turun Nafsu Makan Saat Setres, Apa Penyebabnya? – www.glucoberryasli.com, – Banyaknya faktor yang menjadi penyebab Setres, salah satunya beban fikiran seperti masalah keluarga, kerjaan kantor, hinggga lingkungan sekitar. Setres merupakan gangguan mental yang di alami oleh seseorang, akibat adanya tekanan. Bahkan saat kita sedang setres nafsu makan kita akan menurun, terkadang ada juga yang membuat nafsu makan meningkat. Untuk lebih jelasnya berikut ini saya akan menjelaskan sekilas tentang Naik Turun Nafsu Makan Saat Setres, Apa Penyebabnya? yuk simak artikel sayaberikut ini.

Naik Turun Nafsu Makan Saat Setres, Apa Penyebabnya?

Pada saat kita sedang setres, ada kalanya kita merasa menjadi tidak nafsu makan, walaupun makanan yang di sajikan adalah kesukaan anda. Akan tetapi sebagian orang justru bisa membuat mereka jadi makan lebih banyak dari pada hari-hari biasanya. Tetapi ada juga orang yang tidak nafsu makan pada saat setres. Pada hal ini di anggap wajar karena setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk merespons setres yang sedang di alaminya.

Pada saat setres bagian otak yang disebut dengan hipotalamus melepaskan hormon kortikotropin, yang berfungsi untuk menekan nafsu makan. Otak tersebut mengirimkan pesan ke kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal agar dapat mengeluarkan hormon epinefrin atau sering dikenal sebagai hormon adrenalin lebih banyak. Hormon-hormon tersebutlah yang kemudian dapat memicu respons ” fight-or-fight”, biasanya yang terjadi pada pendetitanya terjadi peningkatan detak jantung, sistem pernapasan, pemecahan lemak dan karbohidrat, serta tekanan darah.

Hormon atau yang disebut dengan epinefrin inilah, yang dapat memicu respons tubuh untuk menunda makan. Inilah salah satu hubungan setres dan makan yang dapat di alami oleh siapapun.

Akan tetapi apabila setres tersebut tetap berlanjut, maka ceritanya akan berbeda. Kelenjar adrenal melepaskan hormon lain yang disebut kortisol, sehingga hormon ini yang dapat memiliki efek untuk meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan motivasi secara keseluruhan, termasuk motivasi untuk makan.

Tetapi perlu kita sadari ketika nafsu makan kita bertambah kortisol serta bantuan insulin atau dengan kadar lebih tinggi, akan mengaktifkan enzim lipoprotein lipase serta menghambat pemecahan trigliserida yang bisa membuat cadangan lemak menjadi lebih banyak. Pada kasus ini terbukti bahwa setres kronis bisa meningkatkan lemak semakin menumpuk pada perut bahkan seluruh tubuh. Serta tingginya kortisol, juga dapat menyebabkan hal lebih bahaya, yaitu meningkatnya risiko diabetes tipe2 dan penyakit jantung.

Nah lalu apa cara mengatasi hal tersebut?

  • Mencurahkan unek-unek atau beban fikiran
    American Psychological Association menyarankan penderita stres untuk mencurahkan isi hati dan beban pikirannya pada orang-orang terdekat atau terapis. Hal tersebut dapat melepaskan hormon endorfin, hormon yang memproduksi perasaan tenang sekaligus berguna meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Melakukan relaksasi dengan aromaterapi
    Ternyata aromaterapi juga dapat membantu mengurangi setres dan membuat tubuh menjadi relaks kembali. Serta aromaterapi yang terdapat pada minyak lavender dapat mengurangi frekuensi pada detak jantung dan tekanan darah sehingga tubuh dapat lebih relaks.
  • Melakukan Mediasi
    Mediasi sangat dipercaya mampu membantu seseorang yang sedang mengalami setres atau depresi agar lebih tenang dan membuat fikiran lebih positif dalam menghadapi masalah.

Begitulah sekilas tentang artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Dan jangan lupa baca juga artikel saya yang lainnya seperti di bawah ini. Terima Kasih

Walatra Spirulina Plantesis Obat Herbal Alami

Agen QnC Jelly Gamat Kota Bekasi

Hal Buruk Yang Bisa Menyebabkan Jerawat

Naik Turun Nafsu Makan Saat Setres | glucoberryasli | 4.5